-->

Type something and hit enter

author photo
By On
Tutorial VB.Net #01: Apa Itu Program? Apa Itu VB.Net? – priacoding. Pada postikan kali ini priacoding akan membahas Apa itu program dan apa itu VB.Net. Baik langsung saja.

Apa itu program ??
Program adalah alat untuk membantu pekerjaan manusia dari yang awalnya sulit menjadi lebih mudah. Seperti kalkulator, mesin cuci, handpone dll.

Pada tahun 1980-an program-program masih berbasis text-based. Artinya untuk menggunakan program tadi harus di tulis perintah kelayar. Kira-kira seperti DOS, CMD (Command Prompt), dll

Dunia pemograman semakin berkembang. Sampai akhirnya para ahli menemukan aplikasi pemograman visual. Aplikasi pemograman visual adalah software yang berguna untuk membuat software dengan antarmuka grafis (graphical user interface/GUI). Saat ini ada banyak aplikasi pemograman visual yang beredar. Borland membuat Delphi, C++ builder dan J Builder. Microsoft mengeluarkan VB, VB.Net, C#.Net, F#.Net, dan C++.Net

Apa itu VB.Net ??
VB.Net (Visual Basic.Net) adalah sebuah Bahasa pemograman tingkat tinggi untuk Microsoft .Net Fremework.
Intinya visual basic.net ini adalah sebuah Bahasa pemograman yang beorientasi pada object, yang bisa di anggap sebagai evolusi selanjutnya dari bahasa pemograman visual basic standart. Jadi VB.Net adalah pengembangan dari VB.6 (standart)
Kalau di artikan lagi VB.Net adalah Aplikasi pengembang untuk membuat aplikasi

Contoh :
Aplikasi Inventori
Aplikasi Perpustakaan
Aplikasi Pembayaran SPP
Dll

Kelebihan VB.Net di bandingkan VB.6 (standart)

1. Sedarhana dan mudah di pahami
Bahasa yang digunakan pada VB.Net sangat sederhana sehingga lebih mudah di pahami bagi mereka yang masih awam terhadap dunia pemograman.

2. Mendukung GUI
VB.Net bisa membuat software dangan antermuka grafis yang lebih user friendly.

3. Mendukung OOP
Memiliki fitur bahasa pemograman berorientasi objek seperti inheritance(pewarisan), encapsulation(pembungkusan), dan polymorphism(banyak bentuk).

4. Mempermudah pengembangan aplikasi berbasis WEB
Disediakan desainer form Web. Selain itu disediakan layanan Web XML sehingga memungkinkan suatu aplikasi “berkomunikasi” dengan aplikasi lainnya dari berbagai platform menggunakan protocol internet terbuka.

5. Migrasi ke VB.Net dapat di lakukan dengan mudah
Jika anda sudah mengembangkan aplikasi di VB, maka konversi ke VB.Net dapat anda jalankan dengan mudah.

6. Banyak digunakan oleh programmer- programmer seluruh dunia
   Salahsatu keuntungannya adalah jika kita memiliki masalah/pertanyaan, maka kita bisa tanyakan kepada programmer-programmer lain.

Menu-menu yang ada pada VB.Net
1. Menu Bar
Menu bar adalah bagian dari IDE yang terdiri atas perintah-perintah untuk mengatur IDE, mengedit kode, dan mengakses program

2. Toolbar
Fungsinya sama seperti Menu Bar. Badanya pada toolbar pilihan-pilihan berbentuk icon.

3. Toolbox
Toolbox adalah tempat di mana control-kontrol dan komponen-komponen diletakan. 

4. Solution Explorer
Solution Explorer adalah tempat di mana file-file diletakan, seperti database, picture, dll

5. Properties Windows
Properties Windows adalah tempat peletakan property dari setiap objek control dan komponen. Properties Windows juga dipakai untuk mengatur property dari objek dan komponen-komponen yang digunakan.

6. Form Desain
Form Desain merupakan tempat di mana control-kontrol diletakan. Form Desain juga berfungsi sebagai tempat pembuatan tampilan atau antarmuka (user interface) dari sebuah aplikasi yang akan kita buat.

7. Code Editor
Code Editor adalah tempat di mana kita meletakan atau menuliskan kode program dari program yang kita buat.

Penjelasan lebih lanjut putar video di bawah

Baca juga :
Note
Himbauan : Jika artikel ini memang berguna untuk teman-teman, MOHON artikel ini disharing kepada yang lain AGAR teman-teman kita juga mendapat manfaatnya. Terimakasih..

Click to comment