-->

Type something and hit enter

author photo
By On
Tutorial VB.Net #02: 15 Komponen - komponen Penting VB.Net Yang Wajib Di Ketahui - priacoding. Sebelum kita membahas 15 komponen - komponen penting yang wajib diketahui sebelum belajar VB.Net. Alangkah baiknya kita mengetahui terlabih dahulu apa itu VB.Net. Vb.Net adalah sebuah bahasa pemograman yang berorientasi pada object, yang bisa dianggap sebagai evolusi selanjutnya dari bahasa pemograman Visual Basic standar.
Pada intinya, Visual Basic .NET (VB.Net) adalah salah satu dari kumpulan tools pemograman yang terdapat pada paket Visual Studio .NET. Pada Visual Studio .NET terdapat beberapa tools pemograman lain seperti: Visual C++ .NET, Visual C# .NET, dan Visual J# .NET.

Langsung saja kita masuk kepada 15 komponen - komponen penting yang wajib diketahui sebelum belajar VB.Net

1. Button
Button adalah sebuah komponen yang berfungsi sebagai tombol pada form. Gunanya untuk menjalankan, menghentikan ataupun mengintrupsikan suatu proses.

2. Combobox
Combobox adalah sebuah komponen yang berfungsi untuk menampilkan beberapa daftar pilihan dan kita hanya bisa memilih salah satu pilihan saja.
Untuk implementasinya silahkan klik disini

3. Checkbox
Checkbox adalah sebuah komponen yang berfungsi untuk menempilkan daftar pilihan. Pada Checkbox kita bisa memilih lebih dari satu pilihan.
Untuk implementasinya silahkan klik disini

4. Datagridview 
  Datagridview adalah sebuah komponen yang berfungsi untuk menampilkan data atau enrty data sebelum di masukan ke database.
Untuk implementasinya silahkan klik disini

5. Datetimepicker
Datetimepicker adalah sebuah komponen yang akan menampilkan Combobox yang berisi tanggal yang bisa dipilih. ketika pemakai menekan panah, komponen akan menampilkan kalender drop-down seperti komponen MountCalendar di mana pemakai dapat memilih tanggal. Komponen DateTimePiker juga dapat untuk menampilkan waktu dengan cara mengatur properties Format dengan Time.

6. Groupbox 
Groupbox adalah sebuah komponen yang memiliki fungsi untuk mengelompokan komponen-komponen yang ada pada sebuah form. selain itu, Groupbox dapat membantu mengatur tampilan form dan komponen-komponen pada form. Ketika Groupbox dipindahkan maka komponen yang berada di dalam Groupbox akan berpindah juga.

7. Label 
Label adalah sebuah komponen untuk menampilkan suatu tulisan tertentu. Biasanya digunakan untuk menempilkan tulilsan pada form sebagai keterangan untuk komponen-komponen lain.

8. Listbox
Listbox adalah sebuah komponen yang berfungsi untuk menampilkan beberapa daftar pilihan. Kita tinggal memilih pilihan yang ada pada Listbox.
Untuk implementasinya silahkan klik disini

9. Listview 
Hampir sama dengan Datagridview Listview juga  berfungsi untuk menampilkan data atau enrty data sebelum di masukan ke database.

10. Menustrip 
Menustrip adalah sebuah komponen yang  berfungsi sebagai wadah tuntuk menampilkan menu. Menustrip menyediakan fungsi untuk membuat item menu, sub menu dan menu drop-down.

11. PictureBox
PictureBox adalah sebuah komponen yang digunakan untuk menampilkan gambar.
Untuk implementasinya silahkan klik disini

12. Progressbar 
Progressbar adalah sebuah komponen untuk menampilkan perintah tunggu (Loading) pada subuah aplikasi. Durasi untuk mengatur lamanya Loading juga bisa diatur pada Progressbar.

13. Radio Button
Radio Button adalah sebuah komponen yang berfungsi untuk menempilkan daftar pilihan. hampir sama dengan Checkbox hanya saja pada Radiobutton kita hanya bisa memilih satu pilihan saja.
Untuk implementasinya silahkan klik disini

14. Textbox 
Textbox adalah sebuah komponen yang dipakai sebagai tempat mengisi maupun menampilkan data. Tulisan yang tampil pada textbox dapat diubah oleh pemakai pada saat program berjalan atau diubah oleh program.
Untuk implementasinya silahkan klik disini

15. Timer 
Timer adalah sebuah komponen yang mewakili pengaturan waktu yang dipicu oleh event dengan interval tertentu. Pada masing-masing interval, objek timer akan menimbulkan event tick (detak). kita dapat menulis coding yang mengatur event ticksecara regular.

Demikianlah artikel 15 komponen - komponen penting yang wajib diketahui sebelum belajar VB.Net. semoga bermanfaat dan berjalan dengan semestinya. :) :)

Baca juga:

Note
Himbauan : Jika artikel ini memang berguna untuk teman-teman, MOHON artikel ini disharing kepada yang lain AGAR teman-teman kita juga mendapat manfaatnya. Terimakasih..

2 komentar

avatar

Pak,. Cara menyimpan file paht atau documen ke database MS.Access VB.Net Mohon bantuan codingnya

avatar

mohon maaf sebelumnya gan, untuk tutorial tentang itu belum tersedia, dikarenakan admin sedang fokus membuat tutorial yang lain.
Next time langsung kami kabari

Click to comment