-->

Type something and hit enter

author photo
By On
Belajar Tutorial VB.Net

 Tutorial VB.Net #05: Menggunakan RadioButton - priacoding. Pada postingan sebelumnya priacoding membahas tentang Tutorial VB.Net #04: Menambah Item ComboBox. Pada postingan kali ini kita akan membahas tentang bagaimana menggunakan RadioButton pada VB.Net, RadioButton biasanya digunakan untuk mengharuskan pengguna memilih sebuah pilihan yang tidak akan bertambah atau berkurang dalam jangka waktu yang lama, dan pada RadioButton atau yang disebut juga OptionButton pengguna seakan di paksa untuk memilih satu pilihan diantara banyak pilihan yang kita masukan pada RadioButton. Contoh penggunaan Radiobutton yaitu pada pemilihan jenis kelamin, agama, dll.


Langsung saja ikuti langkah-langkah berikut..
1. Buka kembali form project kita sebelumnya, sekarang kita tambahkan 3 buah tool, RadioButton, GroupBox dan Button.
Rubah Properties text RadioButton1 sebagai (Pria), RadioButton2 sebagai (Wanita) dan Button1 sebagai (Proses) Sehingga menjadi seperti gambar di bawah.
Menggunakan RadioButton

2. Double tombol proses, silahkan pastekan coding di bawah.
Dim jk As String
If RadioButton1.Checked = True Then
jk = RadioButton1.Text
Else
jk = RadioButton2.Text
End If

MessageBox.Show(" Nama : " & TextBox1.Text + vbCrLf & " Agama : " & ComboBox1.Text + vbCrLf & " Alamat : " & TextBox2.Text + vbCrLf & " Jenis Kelamin : " & jk + vbCrLf & "")

Pastekan tepat pada panah merah


3. Start aplikasi dengan cara klik tombol Start atau klik F5 pada keyboard

4. Maka hasinya menjadi..
Menggunakan RadioButton

Catatan:
Supaya RadioButton atau OptionButton bisa berfungsi dengan baik maka posisikan semua RadioButton di dalam sebuah GroupBox. Pada contoh di atas kita memposisikannya kedalam GroupBox "Pilih Jenis Kelamin".

Penjelasan lebih lanjut putar video di bawah


Pass: priacoding.com

5. Untuk menampilkan data pada combobox, pada contoh di atas pada combobox agama, maka silahkan ikuti postingan priacoding sebelumnya.

Terimakasih, semoga bermanfaat..

Note
Himbauan : Jika artikel ini memang berguna untuk teman-teman, MOHON artikel ini disharing kepada yang lain AGAR teman-teman kita juga mendapat manfaatnya. Terimakasih..

Click to comment